Minggu, 17 April 2011

Macam-macam yang ada di Komputer

Komputer merupakan perangkat elektronika yang suatu waktu bisa saja mengalami kerusakan, baik komputer yang masih baru ataupun komputer yang sudah lama. Ada beberapa cara untuk mendeteksi kerusakan komponen komputer dari gejala atau pesan error yang ditimbulkan.

- Masalah RAM/Memori

Apabila komputer nyala tetapi tidak keluar tampilan atau disertai dengan bunyi beep panjang, maka permasalahan terjadi pada Memori. Solusinya dapat dengan mencabut Memori kemudian membersihkan kaki-kaki pinnya dan pasang kembali. Apabila tidak ada perubahan segera ganti Memori.

- Masalah Mainboard/Motherboard

Apabila komputer nyala tetapi tidak keluar tampilan dan tidak mau dimatikan dengan menekan tombol on/off beberapa detik, atau komputer hanya nyala beberapa saat tetapi langsung mati kembali, maka kerusakan terjadi pada Mainboard. Periksa terlebih dahulu fisik Mainboard apakah ada tanda-tanda bekas kebakar atau kondisi komponen yang bentuknya sudah tidak normal. Apabila komponen tersebut mudah didapatkan dan bisa diganti sebaiknya service terlebih dahulu dengan ahlinya, tetapi bila sudah tidak memungkinkan maka Mainboard harus segera diganti.

- Masalah Processor

Apabila komputer dapat menyala tetapi tidak keluar tampilan dan tidak mengeluarkan pesan beep sama sekali tetapi Mainboard dan Memori masih dalam kondisi normal, kemungkinan kerusakan terjadi pada Processor. Periksa terlebih dahulu pin Processor apakah ada tanda bekas terbakar, periksa juga kaki-kaki yang terdapat pada Processor atau soket Processor di Mainboard, pastikan tidak ada yang bengkok atau patah. Ganti Processor bila perlu.

Apabila komputer dapat menyala normal tetapi setelah beberapa menit/jam dimainkan kemudian komputer akan mati secara tiba-tiba, kemungkinan terjadi over heat. Solusinya dapat dengan membersihkan kipas Processor dan komponen lainnya dari debu yang dapat menghambat aliran udara sehingga Processor atau komponen lainnya dapat lebih cepat panas. Tambahkan thermal paste pada Processor untuk memperoleh hasil yang lebih optimal.

- Masalah VGA/Graphic Card

Apabila komputer nyala tetapi tidak keluar tampilan dan ada bunyi beep panjang sekali dan bunyi beep pendek 2-3 kali, maka masalah terjadi pada VGA. Pastikan terlebih dahulu bahwa VGA sudah terpasang dengan baik dan bersihkan kaki-kaki pin VGA kemudian pasang kembali.

Apabila keluar tampilan tetapi gambarnya seperti pecah atau tidak normal, maka VGA tersebut mengalami artifak, ganti bila perlu. Komponen lain yang berkaitan dengan masalah artifak yaitu Memori dan PSU, periksa juga kondisi kedua komponen tersebut.

- Masalah PSU (Power Supply Unit)

Apabila komputer tidak dapat dihidupkan sama sekali atau komputer tidak stabil sering restart otomatis dalam jangka waktu yang tidak tetap, maka kerusakan terjadi pada PSU dan segera ganti bila perlu karena keawetan seluruh perangkat komputer tergantung dari kondisi PSU yang berfungsi sebagai penyalur listrik. Kerusakan PSU dapat juga menyebabkan harddisk sulit terdeteksi walaupun kabel ata/sata sudah diganti.

Kerusakan komponen lainnya lebih mudah dideteksi secara manual, misalnya seperti Harddisk yang sudah sulit untuk diformat atau tidak dapat terdeteksi oleh BIOS, Sound yang tidak dapat mengeluarkan suara, Optical drive seperti CD/DVD yang sudah sulit membaca atau gagal melakukan proses burning dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar